Tips Mencetak Sendiri Blanko Undangan Dengan Printer

Blanko undangan merupakan salah satu bagian dari pesta pernikahan yang tidak boleh di lupakan. Tanpa adanya blangko undangan, maka para tamu akan kesulitan untuk mengetahui dimana letak acara pesta pernikahan anda. Kini mencetak blanko undangan sudah bisa anda lakukan sendiri tanpa perlu menggunakan jasa percetakan.

Dalam mencetak blanko undangan, tentunya yang anda butuhkan ialah sebuah printer. Tak perlu printer dengan spesifikasi khusus, cukup printer spesifikasi standart saja sudah dapat digunakan untuk mencetak blanko undangan pernikahan anda. Mencetak blanko undangan dengan printer tentunya akan menghemat biaya pernikahan anda, sehingga budget undangan bisa digunakan untuk keperluan yang lain. Namun sebelum anda mulai mencetak terdapat beberapa hal yang perlu anda persiapkan, sebagai berikut:

  1. Jenis kertas blanko undangan yang bisa dicetak dengan menggunakan printer biasa adalah bahan kertas BC atau Brief Card, dan bukan bahan kertas Art Paper, Art Carton, dan Ivory.  Pada umumnya, kertas BC atau Brief Card dikenal dengan sebutan kertas manila. Bahan kertas inilah yang paling cocok digunakan untuk undangan yang dicetak dengan printer, sebab anda tidak perlu menggunakan tinta khusus dalam mencetaknya.
  2. Dalam teknis penyetakan, anda perlu memperhatikan ukuran sisi terkecil undangan yang akan dicetak haruslah salah satunya rata, atau tidak berbentuk melengkung atau tidak bergelombang. Hal ini bertujuan agar nantinya sisi yang rata itu bisa dimasukkan pada printer untuk dicetak. Jika salah sisi undangan tidak rata, maka akan sulit untuk ditempatkan di printer dan kemungkinan besar hasil cetakannya tidak baik dan tidak sempurna.
  3. Ukuran blanko yang akan dicetak sisi paling kecilnya memiliki ukuran maksimal 21,7 cm. Hal ini tentunya harus disesuaikan dengan ukuran feed printer. Bila sisi terkecilnya lebih dari ukuran maksimal, maka undangan tersebut menjadi sulit untuk dicetak dengan menggunakan printer, karena ukurannya tidak sesuai dengan ukuran printer.

Bagi anda yang tidak terbiasa mencetak sendiri blanko undangan dengan printer pastinya akan mengalami kesulitan di awal. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengurangi kesalahan dalam mencetak masal ada baiknya anda mencetaknya dengan blanko cadangan atau istilahnya tes print. Bila dalam test print tersebut tidak terjadi kesalahan dalam tulisan serta tidak ada warna yang bocor atau meleset, maka anda bisa mulai mencetak blanko undangan dalam jumlah yang lebih banyak.

Demikianlah beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam mencetak sendiri blanko undangan pernikahan anda. Tak ada salahnya mencetak blanko undangan demi menghemat biaya pernikahan. Namun bila anda memiliki dana khusus untuk undangan pernikahan, maka lebih baik untuk memesan langsung pada percetakan yang khusus mencetak undangan pernikahan. Anda bisa menghubungi kami untuk mendapatkan layanan terbaik serta koleksi undangan pernikahan yang selalu ter-up to date.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *