Blangko Undangan dan Proses Pembuatannya

Blangko Undangan adalah salah satu bagian tak terpisahkan dari  acara pernikahan karena blangko undangan tersebut akan menentukan meriah atau tidaknya  acara pernikahan yang akan dilangsungkan. Sejatinya blangko undangan sebagai media untuk memberitahukan tentang acara pernikahan atau pesta pernikahan yang akan. Seandainya, apabila anda tidak menyebar undangan untuk pesta pernikahan anda maka sangat bisa dipastikan acara yang diselenggarakan tidak ramai dan tidak meriah hal ini disebabkan karena tamu undangan merasa tidak dihargai dan tidak tahu tentang acara atau pesta pernikahan yang diselenggarakan. Maka dari itu blangko undangan merupakan salah satu hal terpenting dalam acara maupun pesta pernikahan.

Apa bedanya blangko undangan dengan undangan itu sendiri ?

Bagi banyak orang pasti sedikit membingunkan antara blangko undangan dan undangan karena banyak orang mengganggap keduanya sama sebenarnya ada perbedaan diantaranya keduanya. Dasarnya, blangko undangan dan undangan memiliki fungsi yang identik sebagai media mengundang orang agar  datang ke acara yang diadakan. Akan tetapi keduanya mempuyai perbedaan dalam bentuk, berikut ini penjelasannya:

  1. Blangko undangan merupakan undangan setengah jadi, karena hanya berwujud frame atau figura undangan dengan berbagai format yang telah disediakan. Jadi anda harus mencetak sendiri informasi didalam blangko tersebut.
  2. Apabila Undangan yang sudah jadi dengan format penulisan yang sudah dicetak secara permanen dan bisa dibagikan langsung kepada teman serta kerabat yang diundang dalam acara pernikahan maupun pesta pernikahan.

Pada proses pembuatanannya blangko undangan biasanya banyak dikerjakan oleh orang yang menyediakan jasa percetakan undangan.Apabila anda ingin mengadakan sebuah acara pernikahan, kalian tak perlu khawatir. Baru – baru  ini banyak tempat agen maupun distributor percetakan serta sablon yang menawarkan jasa untuk pembuatan dan percetakan blangko undangan.

Pada proses cetak blangko untuk undangan tersebut bisa dibilang cepat dan mudah dilakukan, khususnya apabila dikerjakan oleh para ahli didalam percetakan. Namun apabila anda mahir dan menguasai bidang desain gambar, kalian dapat membuat blangko undangan anda sendiri dirumah.Sedikit menengok bagaimana proses pembuatan blangko undangan :

  1. Proses setting desain. setting desain adalah tahapan pertama dalam pembuatan sebuah blangko undangan yang biasanya dilakukan dengan pembuatan layout pada blangko undangan
  2. Proses cetak, biasany didalam proses ini dilakukan menggunakan sablon atau offset yang akan dicetak menggunakan printer. Yang pertama, apabila anda menggunakan cetak sablon maka diperlukan pembuatan film untuk cetak, Tetapi apabila akan dicetak menggunakan printer maka tidak perlu menggunakan film cetak dalam proses cetaknya
  3. Finishing. tahap ini dalah tahap terakhir , dalam tahap ini blangko undangan sudah jadi sekitar 95% . Proses finishing ini biasa dilakukan dengan melipat dan mengelem undangan pernikahan tersebut tergantung bahan blangko undangannya yang dipakai.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *